; Perpustakaan FIS UNY | Answer at its best to any quests

Unggah Mandiri

Unggah Mandiri merupakan aplikasi yang ditujukan untuk memudahkan proses Penyerahan Skripsi dan Ringkasan Skripsi sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Yudisium Fakultas Ilmu Sosial UNY. More »

Usul Buku Baru

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNY dapat berpartisipasi dalam pemilihan calon koleksi Perpustakaan. Hal itu dapat dilakukan dengan usulan buku baru. More »

Baca Koleksi Digital

Semua anggota perpustakaan terdaftar dan masih aktif yang dapat mengakses koleksi E-Lib. Koleksi E-Lib Kami berasal dari koleksi tercetak yang berada di Perpustakaan FIS UNY, seperti Skripsi dan beberapa buku. More »

Download Aplikasi Android Perpustakaan FIS

Kami memberikan fasilitas bagi pengguna smartphone android dalam pencarian koleksi milik Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta dengan berbagai fitur. More »

Perpanjangan Masa Peminjaman Online/Mandiri

Perpustakaan FIS UNY menambahkan layanan baru yakni Perpanjangan Mandiri. Dengan layanan ini, pemustaka/anggota perpustakaan yang memiliki pinjaman buku dapat melakukan perpanjangan sendiri tanpa harus datang ke Perpustakaan. More »

 

Mengikuti Jejak Panglima Besar Jenderal Soedirman, Pahlawan Pembela Kemerdekaan 1916-1950

Mengikuti Jejak Panglima Besar Jendral Soedirman

Link OPAC : http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=5348&keywords=

Buku yang diterbitkan oleh Prenada pada tahun 2009 ini merupakan kumpulan dokumentasi Pusat Sejarah TNI (Pusjarah TNI) yang berisi proses pembuatan konsep pengembangan Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman di Sobo, Pakis Baru, Nawangan, Pacitan, Jawa Timur yang dipakai sebagai acuan resmi pembangunan Relief dan Diorama Monumen Perjuangan panglima Besar Jenderla Soedirman di Pacitan.

Buku ini merupakan bukti realisasi atas perintah Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso kepada Kapusjarah TNI Brigjen TNI Agus Gunaedi Pribadi untuk menyusun sebuah konsep pengembangan Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman, serta sebagai wujud kepedulian dan tanggungjawab Pusjarah TNI dengan adanya rencana pemerintah untuk memugar Monumen Perjuangan Panglima Besar Soedirman di Pacitan.

Rekrutmen Pegawai Bulan Februari 2015

BPD DIY – Karir

Seleksi Calon Pegawai PT. Bank BPD DIY 2015
Jika anda sanggup bekerja keras, energik, menyukai tantangan, inovatif dan komunikatif, kami undang anda untuk mengikuti seleksi penerimaan calon pegawai dengan posisi:

 

SEJARAH KEBUDAYAAN INDONESIA

Sejarah Kebudayaan Indonesia

Direncanakan peluncurannya bersama buku Sejarah Nasional Indonesia menunggu Jadwal kesiapan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudoyono didampingi Menbudpar yang rencananya akan dilanjutkan dengan pembahasan mengenai buku sKI di Gedung Sapta Pesona dengan para pembahas:

Roger Tol, Direktur KITLV Jakarta

Dr. Muji Sutrisno, budayawan

Gunawan Muhammad, penulis

Moderator: Dr. Mukhlis PaEni, Sejarawan, Antropolog, Ketua MSI, dan Ketua Lembaga Sensor Film.

Team Redaksi:

Endjat Djaenuderadjat (Direktur Geografi Sejarah)

Triana Wulandari (Kasubdit Perkembangan Wilayah Sejarah)

Dwiana Hercahyani (Kasi Perbatasan Wilayah)

Tirmizi

Dewaki Kramadibrata (Staf Pengajar FIB UI). Berikut ulasan singkat mengenai Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia.

RELIGI DAN FALSAFAH

Link OPAC : http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=5340&keywords=sejarah+kebudayaan+indonesia

SKI – Religi dan Falsafah

Sejarah Kebudayaan Indonesia (SKI) adalah kajian ilmiah terhadap perkembangan kebudayaan di Indonesia dari setiap periode. Wilayah Indonesia yang terdiri dari banyak pulau yang dipisahkan oleh berbagai laut dan selat, mempunyai jalan perkembangan kebudayaannya yang tidak seragam. Bahkan dalam satu wilayah pulau pun terdapat daerah-daerah yang berbeda perkembangan kebudayaannya, hal itu terjadi karena beberapa sebab antara lain, (1) budaya luar yang datang ke suatu wilayah berbeda-beda intensitasnya, dan

Tepian Tanah Air – 92 Pulau Terdepan Indonesia

 

Tepian Tanah Air – 92 Pulau Terdepan Indonesia

Judul : Tepian Tanah Air – 92 Pulau Terdepan Indonesia, Indonesia Bagian Tengah
Pengarang : Wanadri dan Rumah Nusantara
Penerbit : Penerbit Buku Kompas
Tahun : 2011, Mei
Tebal : 412 hal

Link OPAC : http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=5334&keywords=

 

 

 

Belasan tahun yang lalu, ketika menyusuri Kalimantan Barat yang sunyi sepi, hingga Sumatera Utara yang indah, seorang teman merasa sangat bersyukur, karena dapat melihat sisi lain Indonesia (selain kota-kota besarnya) dan tiba-tiba menyadari, betapa indah dan luas tanah airnya.

Perjuangan Maha Guru Hasyim Asy’ari

Perjuangan Maha Guru Hasyim Asy’ari

Hasyim Asy’ari

Judul buku : Guru Sejati Hasyim Asy’ari: Pendiri Pesantren Tebu Ireng yang Mengakhiri Era Kejayaa Kebo Ireng dan Kebo Kicak

Penulis : Masyamsul Huda

Penerbit : Pustaka Inspira, Jakarta

Cetakan : I, Maret 2014

Tebal : 270 Halaman

ISBN : 978-602-97066-6-6

Tahun 1870 menjadi titik mula masuknya kapitalisme ke Indonesia. Ditandai dengan lahirnya Undang-Undang Gula dan Undang-Undang Agraria di Hindia Belanda. Belanda mendirikan Pabrik Gula Cukir di wilayah Timur pulau Jawa.