Perpustakaan FIS UNY
Local Content (Elibfis)

JUDUL

(Bahasa Indonesia, Times New Roman 14, Jarak Baris 1 Spasi,  Bold, Rata Tengah)

Oleh:

Nama Lengkap dan Dosen Pembimbing (Ditulis dengan huruf kecil Times New Roman 12)

Abstrak

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia menggunakan Times New Roman 12 dengan jarak antar baris 1 spasi. Abstrak maksimal terdiri dari 3 paragraf yang memuat tujuan penelitian, metode dan hasil penelitian.

Kata Kunci: 1 atau lebih kata atau frase yang spesifik dan representatif bagi ringkasan skripsi.


I.PENDAHULUAN

Ditulis dengan menggunakan Times New Roman 12 dengan jarak baris 1,5 spasi. Tiap awal paragraf ditulis dengan menjorok ke dalam 5 – 7 digit dari tepi kiri.

Berisi latar belakang, rasional, dan urgensi penelitian. Penelitian yang relevan perlu dicantumkan dalam bagian ini dalam hubungannya dengan justifikasi urgensi peelitian, pemunculan permasalahn alternative solusi dan solusi yang dipilih.

Permasalahan dan tujuan penelitian ditulis secara naratif dalam paragraf-paragraf, dan tidak perlu diberi subjudul khusus.

 

II. KAJIAN PUSTAKA

Bagian ini ditulis dengan menggunakan Times New Roman 12 dengan jarak baris 1,5 spasi. Bagian ini berisi kajian teori yang digunakan dalam penelitian, khususnya yang terkait dengan variabel penelitian. Perlu diperhatikan pula penulisan sumber dimana teori tersebut diperoleh.

 

III. METODE PENELITIAN

Berisi jenis penelitian, waktu dan tempat penelitian, subjek penelitian, instrument dan teknik analisis data dan hal-hal lain yang terkait dengan cara penelitian. Hal tersebut diatas dapat ditulis dalam sub-subbab dengan sub-sub judul. Sub judul tidak perlu diberi notasi, namun ditulis dengan huruf kecil dengan berawal huruf kapital, bold, rata kiri.

Jenis Penelitian

Uraikan disini jenis penelitian dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian.

Waktu dan Tempat Penelitian

Tuliskan secara jelas waktu dan tempat dilakukannya penelitian.

Subjek Penelitian

Uraian dengan jelas subjek atau populasi dan sampel penelitian, termasuk teknik memperoleh subjek atau teknik samplingnya.

Metode

Berisi bagaimana penelitian dilakukan, termasuk desing penelitian.

Teknik Pengumpulan Data, dan Instrumen Penelitian

Uraikan mengenai teknik pengumpulan data yang dilakukan serta instrumen penelitian. Jenis data yang diperoleh dan bagaimana teknis memperolehnya juga diuraikan disini. Termasuk data/informasi apa saja yang digali dari teknik pengumpulan data yang digunakan. Jabarkan mengenai aspek dan indikator dalam instrumen penelitian yang digunakan. Dalam penelitian kuantitatif termasuk pula kisi-kisi angket atau kuesinoner yang digunakan.

Teknik Analisis Data

Terkait dengan menginterpretasi data yang telah diperoleh. Dalam penelitian kuantitatif cukup dijelaskan mengenai rumus yang digunakan, tidak perlu menulis ulang rumusannya. Apabila menggunakan bantuan computer, tulis program atau software yang digunakan.

 

IV. HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil penelitian dapat disajikan dalam bentuk deskriptif, tabel ataupun grafik. Judul tabel ditulis dari kiri, semua kata berawal huruf capital, font 11, jarak antar baris 1 spasi. Hasil yang tersaji berupa grafik atau gambar diberi judul grafik/gambarnya di bawah grafik/gambar, dengan jarak 1 spasi dari grafik/gambar. Pembahasan difokuskan pada tujuan penelitian yang dilakukan.

 

V. KESIMPULAN DAN SARAN

Simpulan

Berisi generalisasi dari hasil penelitian yang dilakukan.

Saran

Berisi rekomendasi atau masukan bagi peneliti berikutnya.

 

DAFTAR PUSTAKA

Ditulis dengan diberi jarak 2 atau 3 spasi dari kesimpulan dan saran dalam spasi tunggal, jarak antar baris 1 spasi. Contoh:

Emalia Iragiliati Sukarni. (2013). Sukarni dan actie Rengasdengklok. Yogyakarta: Ombak

Sofian Effendi. (1982). Unsur-unsur penelitian ilmiah. Dalam Masri Singarimbun (Ed.) Metode penelitian survai. Jakarta: LP3ES.

Arif Gunawan. (2013). Studi eksplorasi pemanfaatan e-learning oleh siswa dalam pembelajaran IPS di SMP N 2 Klaten. Skripsi, tidak dipublikasikan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.

Badri Munir Sukoco. (2011). Pengaruh nilai informasi dan social pada co-consumption dan co-production antar anggota Kaskus: Perspektif modal social. Jurnal Manajemen Teknologi, 10 (3), 264 – 280.

Ratna Sari. (2013). Pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran. Diakses tanggal 10 Oktober 2013 dari http://www.ngeblogs.com/tugasbahasaindonesia/pemanfaatanelearning.html.

Catatan: Setiap bab atau subbab baru diberi jarak 2 spasi dari bab sebelumnya (termasuk abstrak dan daftar pustaka).

Pilih Bahasa

Pencarian Lanjutan

Jurnal Dilanggan UNY

E-Resources Perpusnas (PNRI)

Statistik Pengunjung

» 1 >>> Pengunjung Online
» 2 >>> Pengunjung Hari Ini
» 30 >>> Pengunjung Kemarin
» 60 >>> Pengunjung Minggu Ini
» 530 >>> Pengunjung Bulan Ini
» 1941 >>> Pengunjung Tahun Ini
» 1941 >>> Jumlah Pengunjung
Record: 58 (12.10.2017)

Lisensi Aplikasi

ElibFIS dibangun menggunakan aplikasi SLiMS (Senayan Library Management System) codename Akasia.