Perpustakaan FIS UNY
Local Content (Elibfis)

UPAYA PENGEMBANGAN PANTAI TELUK PENYU SEBAGAI OBYEK WISATA UNGGULAN DI KABUPATEN CILACAP

Image of UPAYA PENGEMBANGAN PANTAI TELUK PENYU SEBAGAI OBYEK WISATA UNGGULAN DI KABUPATEN CILACAP
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Potensi pariwisata yang ada di Pantai Teluk Penyu, 2) Kebijakan Pemerintah Daerah terhadap obyek wisata Pantai Teluk Penyu, 3) Upaya pengembangan obyek wisata Pantai Teluk Penyu, 4) Hambatan serta solusi dalam upaya pengembangan obyek wisata Pantai Teluk Penyu, dan 5) Arahan pengembangan sebagai obyek wisata unggulan di Kabupaten Cilacap.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah dua orang dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dua orang dari Pemerintah Desa, dua orang dari pengelola, dan dua orang dari wisatawan. Metode pengumpulan data: wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan untuk pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sumber daya alami yang dimiliki Pantai Teluk Penyu yaitu panorama laut yang indah dan pemandangan Pulau Nusakambangan. 2) Potensi sosial Pantai Teluk Penyu berupa: kehidupan nelayan tradisional, tempat pelelangan ikan, kerajinan kerang, kapal-kapal tanker, perahu-perahu nelayan tradisional dan tegarnya kilang pertamina. 3) Potensi budaya Pantai Teluk Penyu berupa: Sedekah Laut dan Perahu Naga. 4) Rencana program yang sudah dapat terealisasi adalah penataan kios dengan pembangunan cafeteria. 5) Dinas Pariwisata berupaya menambah sarana dan prasarana dalam hal pendidikan dengan membangun gedung IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). 6) Hambatan pengembangan obyek wisata berupa: dana anggaran yang tidak mencukupi, tanah milik TNI AD, terdapat jalur pipa pertamina, sulitnya mengatur masyarakat, masih kurangnya rasa memiliki dari masyarakat, tingkat SDM yang rendah dan kurangnya dukungan untuk bekerjasama mengembangkan Pantai Teluk Penyu. 7) Solusi untuk mengatasi hambatan seperti: melakukan usulan pengajuan dana kepada Pemerintah Kabupaten Cilacap, sosialisai dan pengaragahan tentang pengembangan Pantai Teluk Penyu kepada masyarakat dan menjalin kerjasama setiap tahunnya dengan TNI AD sebagai pemilik lahan obyek wisata. 8) Kondisi obyek wisata Pantai Teluk Penyu sudah sesuai dengan kajian yang ada di RTRW. 9) Kondisi obyek wisata Pantai Teluk Penyu dapat dikatakan sesuai dengan RIPP, namun banyak beberapa program yang belum dapat terealisasi. 10) Kebijakan yang ditetapkan belum dapat dimanfatkan pengelola secara maksimal.

Kata kunci: potensi, pengembangan obyek wisata, kebijakan Pemerintah Daerah
Detail Information TAS
Dosen Pembimbing

Prodi

Tahun Lulus

2017

Detail Information E-Book/E-Journal
Series Title

-

Call Number

-

Publisher

: .,

Collation

-

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information E-Book/E-Journal
Content Type

text

Media Type

computer

Carrier Type

online resource

Edition

-

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Pilih Bahasa

Pencarian Lanjutan