Perpustakaan FIS UNY
Local Content (Elibfis)

DAMPAK KEBERADAAN OBJEK WISATA WADUK SERMO TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI SREMO, KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Image of DAMPAK KEBERADAAN OBJEK WISATA WADUK SERMO TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI SREMO, KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Masyarakat Sremo adalah masyarakat yang berada disekitar objek wisata Waduk Sermo, munculnya objek wisata nampaknya memberikan perubahan dalam bidang sosial maupun ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keberadaan objek wisata Waduk Sermo terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat Dusun Sermo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini ialah purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah tokoh masyarakat Desa Hargowilis, kepala dukuh Sremo, warga lokal Sremo meliputi bapak-bapak, ibu-ibu, dan pemuda. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik validitas data menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan analisis interaktif yang dikemukakan oleh Hiberman dan Miles terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perubahan sosial yang telihat pada masyarakat Sremo adalah cara pola pikir masyarakat yang semakin maju dan berkembang. Selain itu juga interaksi sosial yang terjalin antar masyarakat semakin erat dengan munculnya beberapa kerjasama yang mereka bangun antar sesama warga masyarakat Sremo. Selain perubahan sosial yang muncul akibat adanya objek wisata waduk, muncul pula perubahan ekonomi. Perubahan pada bidang ekonomi yang sangat dirasakan adalah perubahan pada mata pencaharian masyarakat Dusun Sremo. Bentuk mata pencaharian masyarakat Dusun Sremo sebelum adanya waduk mayoritas sebagai petani, beternak, nderes, dan pedagang kelapa. Namun setelah adanya objek wisata waduk masyarakat mengubah mata pencahariannya yaitu sebagai penarik prahu wisata, tim sar, pedagang warungan, pegawai di kantor waduk, dan pekerja musiman. Dampak positif yang dirasakan yaitu munculnya lapangan kerja baru, meningkatnya kesejahteraan masyarakat, akses jalan menjadi lebih mudah, pola pikir masyarakat lebih maju. Sedangkan dampak negatifnya adalah gaya hidup kebarat-baratan wisatawan yang ditiru oleh masyarakat, dan penyalahgunaan fungsi wilayah objek wisata waduk sermo.

Kata kunci: perubahan sosial ekonomi, dampak sosial ekonomi, wisata Waduk Sermo
Detail Information TAS
Dosen Pembimbing

Prodi

Tahun Lulus

2017

Detail Information E-Book/E-Journal
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

: .,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

Detail Information E-Book/E-Journal
Tipe Isi

text

Tipe Media

computer

Tipe Pembawa

online resource

Edisi

-

Subyek

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Pilih Bahasa

Pencarian Lanjutan

Jurnal Dilanggan UNY

E-Resources Perpusnas (PNRI)

Statistik Pengunjung

» 1 >>> Pengunjung Online
» 2 >>> Pengunjung Hari Ini
» 30 >>> Pengunjung Kemarin
» 60 >>> Pengunjung Minggu Ini
» 530 >>> Pengunjung Bulan Ini
» 1941 >>> Pengunjung Tahun Ini
» 1941 >>> Jumlah Pengunjung
Record: 58 (12.10.2017)

Lisensi Aplikasi

ElibFIS dibangun menggunakan aplikasi SLiMS (Senayan Library Management System) codename Akasia.