Perpustakaan FIS UNY
Local Content (Elibfis)

Prinsip Dasar Akhlak Mulia : Pengantar Studi Konsep-Konsep Etika Dalam Islam

Image of Prinsip Dasar Akhlak Mulia : Pengantar Studi Konsep-Konsep Etika Dalam Islam
Islam yang dibawa oleh Muhammad Saw. merupakan agama yang paling lengkap di antara agama-agama yang pernah diturunkan oleh Allah Swt. kepada umat manusia. Kelengkapan Islam ini dapat dilihat dari sumber utamanya, al-Quran, yang isinya mencakup keseluruhan isi wahyu Allah Swt. yang pernah diturunkan kepada para nabi sebelum Muhammad. Isi al-Quran juga mencakup keseluruhan aspek kehidupan manusia, mulai dari aspek yang terkait dengan masalah aqidah (keyakinan), syariah (ibadah dan muamalah), dan akhlak (budi pekerti), hingga aspek-aspek yang terkait dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Setiap orang Islam (Muslim) harus mendasari keislamannya dengan pengetahuan agama (Islam) yang memadai, minimal sebagai bekal untuk menjalankan fungsi kehadirannya di muka bumi ini, baik sebagai khalifatullah (khalifah Allah/QS. al-Baqarah (2): 30, QS. al-An’am (6): 165, QS. Yunus (10): 14, dan QS. Fathir (35): 35) maupun sebagai ‘abdullah (hamba Allah/QS. al-Dzariyat (51): 56, QS. al-Ra’du (13): 36, dan QS. al-Zumar (39): 11). Sebagai khalifah Allah, manusia harus memiliki pengetahuan dan keterampilan mengenai masalah keduniaan, sehingga ia dapat memfungsikannya secara maksimal. Allah menyerahkan kepemimpinan di dunia ini kepada manusia, sehingga manusialah yang bertanggung jawab untuk memakmurkan dunia ini. Sedang sebagai hamba Allah, manusia harus memiliki bekal ilmu agama untuk dapat mengabdikan dirinya kepada Allah dengan benar. Dengan ilmu agama inilah manusia dapat melakukan semua aktivitasnya atas nama ibadah kepada Allah, Sang Khaliq satu-satunya yang berhak disembah. Jika seorang Muslim dapat membekali dirinya dengan pengetahuan yang benar dan cukup, baik pengetahuan umum maupun pengetahuan agama, dan sekaligus dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, maka ia akan menjadi seorang Muslim yang kaffah (utuh). Dan inilah sebenarnya tuntutan yang diminta oleh Allah Swt. kepada setiap manusia yang beriman. Allah Swt. berfirman yang artinya: ”Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. al-Baqarah (2): 208).
Untuk menjadi seorang Muslim yang paripurna (kaffah) seperti tuntutan ayat di atas, ada dua syarat mutlak yang harus dipenuhi, yakni memiliki ilmu yang cukup, terutama terkait dengan ilmu agama, dan yang kedua mengamalkan ajaran agama sesuai dengan ilmunya. Perpaduan ilmu dan amal inilah yang menjadi kunci sukses manusia hidup di dunia dalam menjadalankan dua peran utamanya sebagai khalifah Allah dan abdullah.
..............
Detail Information TAS
Dosen Pembimbing

Prodi

Tahun Lulus

2009

Detail Information E-Book/E-Journal
Series Title

-

Call Number

297:13+17 Mar p

Publisher

Debut Wahana Press : Yogyakarta.,

Collation

xvi+380hlm.;24cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

9786029587203

Classification

297:13 17

Detail Information E-Book/E-Journal
Content Type

text

Media Type

computer

Carrier Type

online resource

Edition

-

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility

Pilih Bahasa

Pencarian Lanjutan