Detail Cantuman Kembali

XML

PERBEDAAN METODE SNOWBALL DRILLING DAN METODE DISKUSIDALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANDAK


Keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP N 1 Pandak masih tergolong rendah.Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya keaktifan dan hasil belajar adalah metode pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik dan bervariasi. Guru sering hanya menggunakan metode diskusi, yang hanya didominasi oleh beberapa siswa saja.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaanmetode snowball drilling dan metode diskusi dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP N 1 Pandak.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental design) dengan bentuk pre test post test non-equivalent. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu metode snowball drilling dan metode diskusi.Variabel terikat dalam penelitian ini yaitukeaktifan dan hasil belajar.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Pandak.Penelitian ini mengambil sampel siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol dan VII C sebagai kelas eksperimen.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes.Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, angket, dan tes.Validitas instrumen dalam penelitian ini dilakukan dengan validitas isi dan konstruk.Reliabilitas dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach.Teknik analisis data observasi menggunakan bantuan microsoft excel, sedangkan untuk data angket, tes, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan program SPSS 16.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase keaktifan siswa berdasarkan angket pada kelas eksperimen sebesar 81,17%, sedangkan persentase hasil angket untuk kelas kontrol sebesar 72,64%. Untuk rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 77,65, sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 72,03. Dari hasil pengujian hipotesis data angket menunjukkan bahwa t hitung = 6,988 > t tabel = 1,9989 dengan taraf signifikansi 5%, sedangkan untuk hasil belajar diperoleh t hitung = 3,784 > t tabel = 1,9989 dengan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, Ho pertama dan kedua dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan keaktifan dan hasil belajar IPS yang signifikan antara siswa kelas VII SMP N 1 Pandak yang diberikan metode snowball drilling dan siswa yang diberikan metode diskusi.
Kata kunci: Snowball Drilling, Diskusi, Keaktifan dan Hasil Belajar IPS
Drs. Sugiharyanto, M.Si
Suci Patmasari - Personal Name
Drs. Sugiharyanto, M.Si - Personal Name
SKRIPSI
09.12.008 Suc p
-
09.12.008
Skripsi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Skripsi Digital
Indonesia
Pend. Ilmu Sejarah FIS UNY
2013
Yogyakarta
PDF
-
LOADING LIST...
LOADING LIST...