Detail Cantuman

Image of Sangkan paraning Dumadi: Orang Jawa dan rahasia kematian

Textbook

Sangkan paraning Dumadi: Orang Jawa dan rahasia kematian



Upaya manusia untuk memahami keberadaanNYA diantara semua makhluk yang tergelar di jagad raya telah membawa manusia dalam perjalanan pengembaraan yang tak pernah berhenti. Pertanyaan tentang dari mana dan mau kemana (Sangkan Paraning Dumadi) pada setiap perjalanan dari individu makhluk terus menggelinding dari zaman ke zaman.
IA adalah sang Sangkan sekaligus sang Paran. IA hanya satu, tanpa kembaran, Gusti Pangeran iku mung sajuga, tan kinembari. Orang jawa menyebutnya Gusti Pangeran. Kata pangeran berasal dari kata pangengeran, yang artinya tempat bernaung dan berlindung.
Terhadap Allah manusia hanya mampu memberikan sebutan sehubungan dengan perannya, Gusti kang murbeng dumadi (Penentu nasib semua makhluk), Ya Rakhman Ya Rakhim (Pengasih Penyayang, red : Bocah Angon) dan tidak dapat menggambarkan wujudnya karena untuk mendefinisikanpun tidak bisa, sebab kata-kata hanyalah produk fikiran. Sehingga orang jawa menyebutnya tan kena kinaya ngapa (tak dapat disepertikan)
Dasar kepercayaan masyarakat jawa (javanisme) adalah keyakinan bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini pada hakikatnya merupakan kesatuan hidup. Dengan demikian kehidupan manusia merupakan suatu perjalanan yang penuh dengan pengalaman-pengalaman yang religius.
Perkembangan kecerdasan dan kesadaran manusia telah membentuk budaya pencarian yang tiada hentinya. Syarat utama bagi para pejalan spiritual adalah kebersediaannya dan kemampuannya menghilangkan atau menyimpan untuk sementara pemahaman dogmatis (agama , red : bocah angon) yang telah dimilikinya, dan mempersiapkan diri dengan keterbukaan hati dan pikiran untuk merambah ke jagad ilmu pengetahuan (kawruh) non-ragawi, yaitu ilmu yang gawat dan wingit, karena sifatnya sangat pribadi dan tidak bisa diseragamkan dengan idiom-idiom yang ada.
Perjalanan spiritual adalah proses panning upaya manusia untuk mencapai tataran-kahanan (strata, Maqom) dengan cara membebaskan diri dari segala bentuk keterikatan dan kemelekatan serta kepemilikan, baik itu jasmani ataupun rohani.



Ketersediaan

40175110130429 Lay sRak No. (3.2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
29 Lay s
Penerbit Narasi : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
188 hlm.; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789791683098
Klasifikasi
29
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet.ke-1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain





Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this


Perpustakaan FIS

Universitas Negeri Yogyakarta
Info selengkapnya