Profil Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta

By admin Perpustakaan FIS UNY

ProfilVisi dan Misi


VISI


“ Sebagai perpustakaan yang unggul dalam koleksi dan layanan informasi di bidang ilmu social”


MISI


Menyediakan sumber informasi yang dibutuhkan oleh civitas akademika FIS UNY

Menyelenggarakan proses pengolahan dan pengelolaan bahan pustaka

Menyebarluaskan informasi agar dapat dimanfaatkan bagi penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.


 


Sejarah Singkat


Sejarah berdirinya Perpustakaan FIS UNY terkait dengan sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang merupakan pengembangan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta. IKIP Yogyakarta lahir berdasarkan Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 55 tahun 1963, tanggal 22 Mei 1963. Salah satu fakultasnya adalah Fakultas Keguruan Pengetahuan Sosial (FKIS) yang diresmikan oleh Menteri PTIP tanggal 21 Mei 1964. Keputusan ini dikuatkan dengan Keputusan Presiden RI NAomor 268 Tahun 1965, tanggal 14 September 1965. Dalam rangka memantapkan fungsi keguruan di bidang Ilmu Sosial , rektor IKIP Yogyakarta mengeluarkan surat Keputusan Nomor 05 tahun 1965 yang isinya antara lian pergantian nama FKPS menjadi Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS).


Untuk menekankan ciri kependidikannya maka berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 54 tahun 1982 tertanggal 7 September 1982 tentang susunan organisasi IKIP Yogyakarta FKIS berubah menjadi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS).


Selaras dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS) dan tuntutan dunia kerja, IKIP Yogyakarta dikembangkan menjadi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berdasarkan keputusan Presiden  RI Nomor 93 tahun 1999, tanggal 4 Agustus 1999. Hal ini diikuti dengan perubahan nama fakultas di lingkungan UNY, FPIPS berubah menjadi FIS, yang disahkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Nomor 274/0/1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja UNY. Dengan perubahan nama tersebut, FIS berwenang menyelenggarakan program studi bidang keguruan dan non keguruan.


Adapun perkembangan perpustakaan FIS UNY tidak dapat dilepaskan dari pekembangan FIS UNY sebagai instansi induknya. Hingga tahun 2005 perpustakaan di FIS masih terpecah-pecah dalam berbagai jurusan, diantaranya Jurusan PKNH, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Akuntansi, dan Manajemen. Tahun 2005, dibawah kepemimpinan Sardiman AM, M.Pd sebagai Dekan, dibentuklah sebuah perpustakaan terpadu untuk tingkat fakultas. Dimulai dengan mendata koleksi yang ada di setiap perpustakaan tersebut. Setelah proses tersebut selesai, di tahun 2005 berdirilah Perpustakaan FIS UNY dengan menempati Ruang Kartini, sebuah ruang berukuran 4 x 8 m di bagian kompleks gedung perkuliahan FIS UNY. Dengan adanya dana hibah SP4, terkucurlah dana untuk pengadaan koleksi dan mebelair perpustakaan. Ditambah dengan koleksi dari perpustakaan Jurusan Pendidikan Geografi yang bersedia digabung, maka secara resmi berdirilah Perpustakaan FIS UNY. Dengan semakin bertambahnya jumlah koleksi, jumlah anggota dan pengnjung, di tahun 2006 perpustakaan pindah ke Gedung Dekanat lantai 1 sisi Barat.


 

KOLEKSI


BUKU/ MONOGRAFI

Koleksi perpustakaan berupa buku/monografi terdiri atas buku teks, buku informasi, skripsi, diktat/bahan ajar, dan buku referensi.


TERBITAN BERKALA

Koleksi terbitan berkala yang dimiliki perpustakaan berupa jurnal/majalah yang merupakan hadiah pustaka dari instansi penerbitnya,  surat kabar terbitan local dan nasional (Kedaulatan Rakyat dan Kompas), serta majalah yang dilanggan oleh perpustakaan (Tempo, Swa, National Geographic Indonesia, dan Psikologi Plus).


PENEMPATAN KOLEKSI


BUKU

Koleksi buku yang dapat dipinjam adalah koleksi nonreferensi. Koleksi disusun menurut subjek buku dengan menggunakan system klasifikasi subyek UDC. Waktu peminjaman adalah 1 minggu dengan kesempatan memperpanjang masa pinjam hingga 3 x @ minggu. Jumlah buku yang dapat dipinjam adalah 6 eksemplar.


REFENSI

Koleksi referensi berupa kamus, peraturan perundangan, sumber geografi, ensiklopedia dan direktori terletak dalam rak referensi. Koleksi ini tidak dapat dipinjam, hanya dapat di copy dengan mengisi bon pinjam dan meninggalkan kartu identitas. Waktu peminjaman adalah 1 x 24 jam, dengan denda keterlambatan/hari/eksempalr Rp. 500,00


SKRIPSI

Koleksi skripsi terletak dalam rak skripsi, dimana koleksi ini disusun menurut kode jurusan:


01          : PKNH


02          : Pend. Administrasi Perkantoran


03          : Pend. Akuntansi


04          : Pend. Ekonomi


05          : Ilmu Sejarah


06          : Pend. Geografi


07          : Pend. Sejarah


08          : Manajemen


09          : Akuntansi


10          : Pend. Sosiologi


11          : AN


12          : Pend. IPS


Koleksi dengan kode 03, 04, 08, dan 09 telah dipindah ke Perpustakaan Fakultas Ekonomi. Koleksi yang disajikan adalah koleksi 3 tahun terakhir. Koleksi ini tidak dapat dipinjam maupun dicopy, hanya dapat dibaca ditempat.


TERBITAN BERKALA

Koleksi terbitan berkala berupa surat kabar, jurnal dan majalah hanya dapat dicopy dengan mengisi bon pinjam dan meninggalkan kartu identitas. Waktu peminjaman adalah 1 x 24 jam, dengan denda keterlambatan/hari/eksempalr Rp. 500,00


KOLEKSI DIGITAL

Koleksi digital dapat diakses oleh anggota perpustakaan melalui jaringan internet dan intranet. Saat ini koleksi digital perpustakaan FIS sebagian besar berupa koleksi skripsi/student paper.


 

STAFF PERPUSTAKAAN


Pustakawan:

- Perdaning Widyanti, S.Psi (2002 s.d sekarang)

- Bayu Setya Pambudi, A.Md  (2013 s.d sekarang)


Administrasi:

- Mulyono  (2013  s.d sekarang)


 

WAKTU PELAYANAN


Senin – Kamis (07.30 WIB – 15.30 WIB)

Jumat (07.30 WIB – 14.00 WIB)

SHARE THIS PAGE!